Skip to content

Wi-Fi 6 vs 5G: Bisakah Wi-Fi 6 Lebih Baik dari 5G ?



2019 adalah salah satu tahun di mana kita menyaksikan teknologi besar, atau teknologi, maju ke tingkat yang lebih tinggi. Kita berbicara tentang kedatangan Wi-Fi 6 dan 5G. Kedua teknologi nirkabel menjanjikan kinerja internet dan jaringan yang lebih cepat dan lebih stabil. Mereka mampu menangani lebih banyak perangkat daripada sebelumnya dan menangani beban keseluruhan dengan lebih baik.


Secara kolektif, mereka akan memberikan pengalaman internet yang lebih baik di seluruh dunia. Namun, mereka tidak benar-benar sama.


Jadi, bagaimana perbedaan Wi-Fi 6 dan 5G?


Wifi 6


Wi-Fi bertindak sebagai penghubung antara internet dan perangkat apa pun yang dapat terhubung ke internet, seperti desktop, laptop, tablet, smartphone, dll. Ini seperti antarmuka antara internet dan gadget pendukung. Ini dirancang untuk menghubungkan perangkat di area yang ditentukan, misalnya, kantor, rumah, pusat perbelanjaan, dll.


Wi-Fi 6 adalah iterasi keenam dari Wi-Fi. Dalam hal teknis murni, Wi-Fi digambarkan sebagai standar IEEE 802.11. Wi-Fi 6 pada dasarnya adalah 802.11 ax, sedangkan 802.11 ac adalah Wi-Fi 5. 802.11 ac telah menjadi standar Wi-Fi terbaru sejauh ini, yang digantikan oleh 802.11 ax.


Wi-Fi 6 menghadirkan kecepatan yang lebih baik, latensi yang jauh berkurang, serta kemampuan untuk menghubungkan lebih banyak perangkat, ke depan. Dibandingkan dengan 802.11 ac, kapak 802.11 memiliki manfaat berikut:





  • Peningkatan Keandalan: Konsistensi yang lebih baik dalam koneksi jaringan memberikan pengalaman yang lebih mulus bagi pengguna
  • Kapasitas Yang Lebih Tinggi: Dapat menangani sejumlah besar perangkat sambil mentransfer lebih banyak data daripada sebelumnya, menjadikannya ideal untuk gadget yang mendukung IoT
  • Bandwidth yang Ditingkatkan: Wi-Fi 6 dirancang hingga empat kali lebih cepat daripada Wi-Fi 5, yang merupakan peningkatan kecepatan yang luar biasa
  • Enhanced Battery Life: Dirancang untuk meningkatkan efisiensi baterai di perangkat seluler seperti smartphone, laptop, dan tablet, serta beberapa perangkat IoT


5G



5G adalah jaringan seluler generasi kelima, dan langkah selanjutnya melampaui 4G LTE. Ini adalah jaringan seluler, yang menandai perbedaan utama antara dirinya dan Wi-Fi 6. Secara awam, 5G (dan versi sebelumnya - 4G, 3G, dan sebagainya) menunjukkan kecepatan jaringan seluler. 5G diatur untuk menggantikan standar seluler saat ini, 4G LTE.



Dalam hal merevolusi kecepatan jaringan, 5G menampilkan manfaat yang sama seperti Wi-Fi 6. 5G dikembangkan untuk secara signifikan meningkatkan kecepatan jaringan seluler pada berbagai perangkat sambil memberikan konsistensi di setiap area atau lokasi yang telah menjadi tantangan bagi jaringan seluler untuk lakukan dengan benar.

5G dimaksudkan untuk mendukung sejumlah besar perangkat bersama dengan pengurangan latensi yang memungkinkannya untuk memperkuat pengalaman mendalam seperti VR dan AR, yang akan memulai era baru untuk jaringan seluler.

Selain itu, 5G memiliki manfaat berikut:

Better for Mission-critical Communications, seperti mengendalikan prosedur medis, kendaraan, dan infrastruktur tertentu secara nirkabel, karena peningkatan keandalan dan latensi yang lebih rendah

Ideal untuk perangkat yang mendukung Internet of Things, berkat kecepatan data yang lebih rendah untuk solusi berbiaya rendah, bersama dengan konektivitas dan kecepatan yang lebih baik

Diharapkan untuk memberikan kecepatan data hingga 20Gbps

Di luar fitur dan perbedaan masing-masing, keunggulan Wi-Fi 6 dan 5G lebih dekat satu sama lain daripada versi sebelumnya. Seperti Wi-Fi, jaringan 5G untuk penggunaan di rumah juga merupakan kemungkinan yang jelas.

Mereka jauh lebih ambisius, tahan masa depan dan tinggal di sini untuk waktu yang lama. Misalnya, Wi-Fi 6 tidak hanya akan kompatibel dengan frekuensi saat ini, 2,4 GHz dan 5 GHz, juga akan mendukung band yang akan datang, 1 GHz dan 6 GHz.

Menurut studi Ekonomi 5G, manfaat ekonomi penuh 5G di seluruh dunia akan terwujud pada tahun 2035, dan diperkirakan menghasilkan barang dan jasa hingga $ 12,3 triliun.

Poin utama yang patut dipertimbangkan adalah bahwa implementasi dan ketersediaan Wi-Fi 6 dan 5G berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Sebagai contoh, negara berkembang membutuhkan waktu untuk menggabungkan teknologi terbaru dibandingkan dengan negara maju. Dan kemudian, ini juga masalah kompatibilitas perangkat. Sejumlah perangkat sudah mampu Wi-Fi 6 sementara lebih sedikit siap untuk 5G.

Perangkat terbaru Apple, lineup iPhone 11, khususnya, mampu Wi-Fi 6 atau 802.11 kapak. Tetapi mereka terus bekerja pada jaringan seluler 4G LTE. Demikian pula, perangkat Samsung Galaxy 10 dan Galaxy Fold memiliki varian 5G dan non-5G tergantung pada berbagai pasar tempat mereka dijual.

Dalam hal itu, Wi-Fi 6 unggul 5G dan telah memulai dengan sejumlah perangkat.

Mengingat potensi besar mereka, yang belum terwujud, ada banyak rasa ingin tahu dan kegembiraan untuk kedua teknologi nirkabel. Dan ini menimbulkan banyak percakapan, diskusi, dan pertanyaan menarik tentang teknologi yang terkait dengan konektivitas perangkat dan transformasi digital di masa depan seperti:

Apakah 5G akan memengaruhi Wi-Fi?

Apakah 5G akan menggantikan broadband?

Kapan menggunakan Wi-Fi 6 dan 5G?

Wi-Fi6 dan 5G manakah yang memiliki keunggulan untuk bisnis?

Tak perlu dikatakan, kekuatan teknologi ini akan terurai dengan waktu dan masih harus dilihat seberapa bermanfaat mereka untuk berbagai jenis pengguna.

Wi-Fi 6 vs 5G: Bisakah Wi-Fi 6 Lebih Baik dari 5G ?

0 Comments

Post a Comment